Dukubg Asian Games 2018, TP4P Kejakgung Kawal Inasgoc

TP4D Kejari Banyumas

Dukubg Asian Games 2018, TP4P Kejakgung Kawal Inasgoc

Senin, 14 Mei 2018

Jakarta - Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) mendapat dukungan dari beberapa Kementerian maupun instansi pemerintahan. Salah satunya dari Tim Pengawalan, Pengamanan, Pemerintahan dan Pembangunan Pusat (TP4P) Kejaksanaan Agung yang mendampingi INASGOC dalam urusan pengadaan barang dan jasa.

Ketua Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir menuturkan, dalam rangka misi Asian Games 2018 yaitu sukses administrasi, maka Inasgoc selaku penyelenggara harus melibatkan dan mendapat bantuan untuk pendampingan dan pengawalan dari TP4P, khususnya dalam pengadaaan barang dan jasa. "Hal ini tak lain demi menjaga akuntabilitas dan transparansi," ujar Erick Thohir, Kamis (12/4).

Inasgoc mengadakan rapat lanjutan dengan pihak TP4P Kejaksaan Agung, Kamis (12/4). Rapat tersebut menindaklanjuti pertemuan sebelumnya yang digelar akhir Maret lalu saat membahas mekanisme dalam mengawal dan menganalisis semua kegiatan INASGOC mulai dari administrasi, perencanaan, pelaksanaan hingga laporan akhir Asian Games 2018 .

Erick pun memaparkan bentuk-bentuk kegiatan yang membutuhkan pendampingan dengan pihak Kejaksaan. "Harapan kami, dukungan terus diberikan agar kita sama-sama menjaga akuntabilitas dari penggunaan uang negara di kegiatan Asian Games ini," kata Erick.

Inasgoc sebagai panitia pelaksana memiliki target tidak hanya sukses dalam menyelenggarakan Asian Games Jakarta-Palembang 2018, tetapi juga sukses dalam hal administrasi. Dalam pengadaan barang dan jasa yang dilakukan untuk mendukung pelaksanaan, Inasgoc terus berupaya menjalankan prinsip akuntabilitas dan tertib administrasi.

Tim TP4P Kejakgung juga akan memberikan pendampingan jika nantinya terdapat kendala administrasi dan keraguan di lapangan guna mencegah terjadinya pelanggaran administrasi. Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen, Jan S Maringka menuturkan TP4P Kejaksaan Agung sudah bersinergi lembaga. Sinergi itu pun terjalin dengan baik.

Dengan demikian, Tim TP4P Kejakgung pun siap mengawal Inasgoc demi terselenggaranya Asian Games. "Kesuksesan penyelenggaraan Asian Games merupakan tanggung jawab bersama, sudah sepatutnya, Kejaksaan sebagai bagian dari pemerintah turut ambil bagian dari sisi hukum," ujar dia.

TP4P sendiri disebut Kejakgung sebagai paradigma baru pemberantasan korupsi. Pasalnya, tim ini menekankan pada pendekatan pencegahan disambut baik oleh kementerian dan lembaga. Pada triwulan pertama tahun 2018 saja, kata Maringka, sudah tujuh kementerian dan lembaga yang menandatangani nota kesepakatan dengan Kejaksaan.(*)

republika.co.id