Zaki Aulia Pelaku Penggelap Pajak Akhirnya Divonis Dua Tahun Penjara

Zaki Aulia Pelaku Penggelap Pajak Akhirnya Divonis Dua Tahun Penjara

News Publisher | Cokie Sutrisno
Selasa, 25 Februari 2020

foto:dokknbms
BANYUMAS - Pelaku penggelapan pajak yang dilakukan oleh Zaki Aulia Bin Umar mantan direktur PT. Arbindo senilai 2,5 Miliar lebih setelah melalui proses panjang dipersidangan, akhirnya divonis dua (2) tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Banyumas, Selasa(25/2/2020). Sedangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni Eko Bambang Marsudi, SH,MH dan Suorihatini, SH dari Kejari Banyumas.

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim menyatakan pengusaha properti  tersebut terbukti secara sah dan meyakinkan telah melanggar pasal 39 ayat (1) huruf c dan/atau d UU No 16 tahun  2009 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan, dengan ancaman kurungan minimal emam bulan dan  maksimal enam tahun.

Berdasarkan putusan pengadilan dalam perkara pajak Majelis Hakim menjatuhkan pidana terhadap Zaqki Aulia dengan pidana penjara 2 tahun dan denda 5  miliar, apa bila denda tindak di bayar maka di ganti pidana kurungan 4 bulan.

Kendati telah divonis, hukuman tersebut lebih ringan dari Tuntutan JPU, terdakwa menyatakan pikir pikir, apakah menyatakan banding atau menerima.(*)