Kejari Banyumas Dukung Program Peningkatan Minat Baca

Kejari Banyumas Dukung Program Peningkatan Minat Baca

News Publisher | Cokie Sutrisno
Rabu, 04 Maret 2020

Foto: dokpri
BANYUMAS - Kejaksaan Negeri Banyumas (Kejari Banyumas) selalu  mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan bangsa, salah satunya adalah dengan meningkatkan minat baca disemua lapisan masyarakat. Demikian dikatakan Kepala Kejari Banyumas Eko Bambang Marsudi, SH, MH ketika menghadiri Lomba Bercerita dan penulisan artikel populer serta pengukuhan Bunda Literasi Banyumas di Halaman Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas, Rabu(4/3/2020) bersama Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein.

Add caption
"Kejaksaan selalu mendukung program pemerintah, seperti halnya  dalam peningkatan minat baca untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. "Katanya saat didampingi Kasi Intel Nizar Febriansyah, SH.

Dalam kesempatan tersebut Ny Erna Sulistyawati Achmad Husein dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Banyumas Tahun 2020-2023. Pengukuhan dilakukan oleh Bupati Banyumas.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Banyumas Joko Wikanto mengatakan, membangun masyarakat literasi perlu ditumbuhkan mulai dari lingkungan keluarga sehingga memerlukan perhatian dari orang tua.

Berdasarkan kajian kegemaran membaca masyarakat Indonesia yang dilakukan Peprpusnas Tahun 2019 diketahui bahwa tingkat kegemaran membaca tingkat nasional sebesar 53,84 %, tingkat propinsi Jawa Tengah 62,08 % dan tingkat Kabupaten Banyumas sebesar 63. %. Sehubungan dengan hal tersebut perlu pemacu agar kegemaran membaca terus menungkat melalui keberadaan Bunda Literasi.

Joko berharap keberadaan Bunda Literasi diharapkan menjadi motivator untuk seluruh stakeholder untuk terus menebarkan virus gemar membaca yang selanjutnya diturunkan kepada kecamatan dan desa-desa di Kabupaten Banyumas.

Sementara itu Bupati Banyumas Achmad Husein meminta untuk mendongkrak minat baca, Dinas Arpusda agar terus berinovasi dan memberi kemudahan seperti pembuatan kartu perpustakaan bisa melaui aplikasi termasuk peminjaman buku agar anggota bisa meninjam dengan cara online dengan melihat daftar buku yang sudah tercatat melalui media internet.

“Mudah-mudahan dengan pengukuhan Bunda Literasi dan inovasi yang terus dilakukan dinas Arpusda dapat meningkatkan kegiatan literasi di tengah masyarakat Banyumas,” kata Husein.

Bupati juga terus mendorong keberadaan perpustakaan desa melalui kebijakan, program dan kegiatan dalam rangka upaya meningkatkan minat, kegemaran, budaya baca dan pengembangan perpustakaan di Kabupaten Banyumas.

Pembukaan yang disampaikan oleh Ir. Djoko Wikanto, MM.  Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Banyumas
yang disaksikan oleh Kepala Kejari Banyumas. Sedang
Pengarahan dari Bupati Kabupaten Banyumas sekaligus mensosialisasikan aplikasi simantap dan buku cerita rakyat Banyumas.(*)